Komunitas Blogger Pontianak

Dampak Melek Teknologi Bagi Generasi Muda

oleh Shera Aldilla Iswara

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin melesat mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Ilmu pengetahuan dan teknologi turut menjadi pendukung berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan setiap orang untuk mendapatkan informasi serta berkomunikasi dalam waktu yang singkat, kapan pun dan di mana pun.

Dengan adanya perkembangan IPTEK, kita mendapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Bahkan saat sekarang ini hampir setiap orang tidak bisa terpisah dari adanya teknologi, setiap orang memanfaatkan alat komunikasi langsung jarak jauh seperti HP untuk berhubungan dengan orang lain yang berjauhan.

Kini dengan adanya perkembangan IPTEK semuanya itu dapat teratasi dengan penggunaan tenaga mesin untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan waktu yang relatif lebih cepat daripada menggunakan tenaga manusia secara manual.
Namun, hal ini tentunya membawa dampak atau pengaruh bagi kehidupan masyarakat secara umum dan bagi generasi muda secara khusus.

Dampak atau pengaruh tersebut ada yang bersifat positif dan ada pula yang bersifat negatif, tergantung bagaimana setiap orang menyikapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Apabila keberadaannya dimanfaatkan sebaik mungkin, tentunya akan memberi manfaat yang baik pula, begitupun sebaliknya jika teknologi informasi dan komunikasi disalahgunakan tentu akan memberikan dampak yang buruk.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif  bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia.

Manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif IPTEK terhadap kehidupan umat manusia.

Kesadaran masing-masing orang untuk menggunakan IPTEK dengan sebaik-baiknya adalah hal paling utama untuk tercapainya pemanfaatan IPTEK secara positif.
Selain itu, masing-masing individu harus menyadari dampak negatif dari IPTEK dan menekan dampak negatif tersebut agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Kerjasama semua pihak seperti pemerintah, orang tua dan guru juga akan sangat membantu penekanan dampak negatif IPTEK.

Bagi pemerintah, disusunnya peraturan tentang IPTEK dan pengunaannya akan membantu para pengguna IPTEK  mengetahui batas-batas penggunaannya. Bagi orang tua dan guru, arahan dan bimbingan akan mejadikan generasi muda mengetahui pemakaian IPTEK secara tepat dan positif.
Share on Google Plus

About Asmirizani

Lelaki biasa yang sedang belajar mengeja hidup. Membaca, menulis, dan belajar tiada henti ditemani secangkir kopi jahe,