Komunitas Blogger Pontianak

Kopdar Komunitas Blogger Pontianak yang ke-2 Sangat Meriah dan Berkesan

asmirizani.com - Kopdar Komunitas Blogger Pontianak yang ke-2 sangat meriah dan berkesan untuk dikenang. Alasan pertama, persaudaraan dan kekeluargaan yang terasa. Kedua, materi mengenai ngeblog yang jelas dan detail. Ketiga, kehadiran anggota yang ramai dan aktif. Keempat, hujan yang menggiringi pertemuan anggota KBP semoga membawa berkah.

http://www.asmirizani.com/2017/03/kopdar-komunitas-blogger-pontianak.html

Hujan pada 28 Februari 2017 yang menguyur kota Pontianak membuat semangat mengendor, tetapi tidak bagi anggota Komunitas Blogger Pontianak (KBP). Anggota KBP berdatangan pada ruang pertemuan di Gagare cafe Jalan Imam Bonjol Pontianak. Kegiatan yang dimulai pada pukul 20.00 diawali dengan sambutan ketua KBP. Selanjutnya perkenalan antara anggota KBP mengenai nama diri, status, nama blog, dan profesi.

Ketua KBP menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran anggota. Edo sebagai ketua, memperkenalkan pengurus KBP periode 2017-2019 satu persatu. Setelah itu, memberikan kesempatan untuk berkenalan antara anggota sebagai kegiatan rutin dalam kopdar. Selain itu Edo melanjutkan pemaparan mengenai keanggotaan premium. Anggota premium akan dibina dengan intensif oleh blogger mastah Kalimantan Barat, baik meningkatkan pengunjung blog dan meningkatkan nilai DA/PA serta lainnya. Keanggotaan premium juga ditampilkan pada blog Komunitas Blogger Pontianak. Anggota premium harus memenuhi syarat awal, yaitu domain TLD, DA/PA minimal 10, dan membayar iuran pertahun untuk komunitas. Beberapa blog yang belum memenuhi syarat seperti TLD dan DA/PA mencapai 10 akan dibimbing oleh blogger lain untuk bisa mencukupi syarat tersebut.

Penjelasan materi juga disampaikan oleh bang Qbenk yang bisa disebut Mastah SEO di Kalimantan Barat. Bang Qbenk sebagai blogger yang ahli di bidang SEO menjelaskan sedikit mengenai SEO. Terutama meningkatkan pengunjung dan menaikkan DA/PA.  Beliau menjelaskan pengertian DA/PA, apa fungsinya, dan bagaimana menaikkan DA/PA. Beberapa cara yang disampaikan oleh bang Qbenk untuk meningkatkan pengunjung blog dan DA/PA. Pertama, domain harus TLD. Kedua, template yang SEO. Ketiga, menulis konten yang SEO. Keempat, sering berkunjung ke blog orang lain. Kelima, memberikan komentar yang relevan dengan tulisan. Keenam, usahakan nama blog bukan nama diri. Praktik untuk materi mengenai SEO direncanakan akan dilaksanakan pada kopdar yang ke-3 pada Maret 2017.

Setelah pemaparan, kopdar berlanjut diskusi mengenai blog dan masalah yang dihadapi blogger. Tanya jawab mulai dari hal mudah hingga yang rumit mengenai blog. Setelah itu, di akhir pengujung acara kopdar, anggota yang hadir berjumlah 33 orang mengabadikan diri dengan sebuah foto sebagai kenangan. Sesi foto-foto ini tak terlepas untuk mempererat silaturahim anggota.
Share on Google Plus

About Asmirizani

Lelaki biasa yang sedang belajar mengeja hidup. Membaca, menulis, dan belajar tiada henti ditemani secangkir kopi jahe,