Komunitas Blogger Pontianak

Ubud Writers Rider Festival 2017

Ubud writers Rider Festival 2017 merupakan ajang bergengsi yang diadakan setiap tahun di Indonesia. Kegiatan ini mengumpulkan dan mempertemukan penulis Indonesia dan penulis luar dalam membicarakan literasi dan sastra.

Festival ini memberikan kesempatan untuk penulis Indonesia menjadi calon bintang sastra Indonesia. Panitia akan menyeleksi karya emerging writers Indonesia untuk ditampilkan di UWRF pada tanggal 25 s.d. 29 Oktober 2017.
Sumber : UWRF 2017
Panitia melakukan penyeleksian secara objektif. Setelah itu karya akan diseleksi oleh tim kurator yang merupakan penulis senior. Penyeleksian untuk memilih penulis tersebut didasarkan pada beberapa kriteria, seperti prestasi, kualitas karya, konsisten dalam berkarya, dan dedikasi diri untuk kemajuan sastra Indonesia.

Dari hasil seleksi tersebut, penyeleksi akan memilih lima belas penulis Emerging Indonesia yang akan diundang. Penulis tersebut akan dibiayai untuk kegiatan UWRF 2017.

Rangkaian Kegiatan UWRF 2017, yaitu
a. Diskusi
b. Workshop
c. Baca karya
d. Pementasan
e. Peluncuran Buku
f. Serta acara lainnya.

Informasi ini disebarluaskan untuk penulis Indonesia. Bagi pembaca yang merupakan penulis atau mengetahui penulis indonesia untuk dapat mendaftarkan diri dengan syarat berikut ini.

a. Peserta merupakan warga negara Indonesia. Peserta menulis karya sastra berupa puisi, prosa (cerpen, novel atau novelet), naskah drama maupun karya non- fiksi.
b. Peserta harus mengisi formulir di sini.
c. Karya buku atau kumpulan naskah yang belum dan sudah pernah diterbitkan di media massa.
d. Peserta yang sudah mencetak buku,  kirimkan karya buku pada panitia.
e. Peserta yang belum mencetak buku, dapat mengirim karya puisi sebanyak 30, cerpen sebanyak 8, essai sebanyak 5, atau naskah drama sebanyak 3 naskah.
f. Karya dikirim sebelum tanggal 28 Februari 2017
g. Pengumuman hasil seleksi akan diinfokan melalui surat elektronik. Panitia memilih 15 peserta yang diumumkan pada bulan Mei 2017
h. Panitia akan menanggung biaya transfortasi dan akomodasi dalam kegiatan UWRF bagi peserta berasal dari luar Bali.
i. Panitia akan menerbitkan buku kumpulan karya penulis emerging Indonesia yang terpilih program UWRF 2017.

Ubud Writers & Readers Festival merupakan program yang mulai diselenggarakan pada tahun 2008. Pada tahun 2016, peserta yang mendaftar program UWRF mencapai 894 dari seluruh provinsi di Indonesia. Antusias penulis indonesia mulai berpikir maju untuk memperkenalkan dan membawa karya ke dunia internasional.
Segera kirim karya teman teman untuk mendapatkan kesempatan ini.

Sumber : UWRF 2017

Share on Google Plus

About Asmirizani

Lelaki biasa yang sedang belajar mengeja hidup. Membaca, menulis, dan belajar tiada henti ditemani secangkir kopi jahe,