Komunitas Blogger Pontianak

Bahaya Minum Berdiri

olehAsmirizani
 
bahaya minum berdiri (Sumber gambar: febroeldefila.wordpress.com)
Beberapahari yang lalu saya ditegur seseorang karena minum berdiri. Saya mengucapkan terimakasih pada seseorang tersebut karena telah mengingatkan saya untuk minum sambilduduk. Saat itu saya kehausan sehingga lupa posisi saat minum. Terkadang sayalupa dan terburu-buru melakukan sesuatu walaupun sesuatu itu sudah sayaketahui.

Sayateringat dengan sebuah iklan yang menyarankan minum air putih untukmeningkatkan konsentrasi. Air dan tubuh saling keterkaitan karena fungsi airdalam tubuh sangat bermanfaat. Tetapi, di iklan tersebut memberikan contohminum berdiri. 

Ternyataminum sambil berdiri menimbulkan beberapa masalah. Satu di antaranya perutkembung. Perut akan kembung jika minum berdiri karena air  yang diminum terlalu cepat mengalir. Aliran airyang mengalir cepat akan tertampung di bagian perut. Saat itulah seseorang akanmerasakan perut tidak nyaman (nyeri). Terkadang juga menimbulkan rasa inginmuntah.

Sayapenasaran, selain perut menjadi kembung, apa saja bahaya minum berdiri. Berikutbeberapa hal yang saya temukan bahaya minum berdiri dari beberapa bacaan.

Keseimbangan Tubuh Terganggu

Jikaminum berdiri, dapat membuat saraf pusat tertekan dan mendapat pemaksaan untukkerja keras menstabilkan kondisi tubuh yang tegang. Hal ini mengakibatkan tubuhmenjadi stres.

Lambung Luka

Lukanyalambung bukan disebabkan karena air yang masuk. Akan tetapi lambung luka karenaair yang mengalir tidak merata pada lambung dan menyebabkan makanan dalamlambung sulit dicerna. Pergesekan lambung dengan makanan yang sedikit air menyebabkanlambung luka. Terkadang, menimbulkan penyakit maag.

Penyaring dalam Ginjal Tertutup

Saatminum berdiri menyebabkan penyaringan ginjal menjadi tertutup. Air yang diminumakan langsung mengalir pada kandung kemih. Jika air tidak masuk pada ginjal,maka akan menyebabkan penumpukan berbagai kotoran di saluran uterer. Hal iniakan menyebabkan terjadinya gangguan ginjal.

Sakit pada Perut

Terlalucepatnya air yang mengalir pada tubuh karena minum berdiri menyebabkan airtidak merata pada jaringan pencernaan dan membuat makanan yang ada dipencernaansulit untuk diproses. Hal itu menyebabkan perut akan terasa nyeri.

Adayang mengatakan bahwa bahaya minum berdiri di atas adalah bahaya yang kecil, bahkan ada yangmengatakan tidak sangat bahaya pada tubuh. Saya sebagai manusia yang diberiamanah menjaga tubuh, sebaiknya tetap mengurangi hal-hal yang tidak bermanfaatbagi tubuh. Hal kecil yang dilakukan berulang kali tentu akan menyebabkankebiasaan. Jika melakukan kebiasaan baik, maka menuai baik.
Share on Google Plus

About Asmirizani

Lelaki biasa yang sedang belajar mengeja hidup. Membaca, menulis, dan belajar tiada henti ditemani secangkir kopi jahe,