Komunitas Blogger Pontianak

Meningkatkan Konsentrasi Saat Menulis


Konsentrasi sangat diperlukan dalam semua pekerjaan, termasuk menulis. Konsentrasi dalam menulis tentu dapat meningkatkan hasil tulisan berkualitas dan berkuantitas. Beberapa faktor dapat mengganggu konsentrasi penulis, baik faktor dari diri sendiri maupun dari orang lain atau benda sekitar.
Berikut tujuh cara supaya konsentrasi penulis meningkat dan tetap fokus.

1. Aktif Menulis Dimanapun. Di manapun dan kapanpun tulislah ide yang melintas dibenakmu pada buku saku atau selembar kertas.

2. Melakukan Senam Ringan Sebelum dan Sesudah Menulis. Sebelum menulis penulis harus melakukan senam ringan dapat membuat tubuh bugar saat menulis. Terkadang penulis asyik saat duduk menulis hingga tubuh keram atau pegal. Sesusah menulis cobalah gerakan senam ringan untuk menghilangkan rasa pegal-pegal.

3. Buat Suasana Enak dan Asyik Menulis. Rancang tempat kamu menulis. Susun buku yang berantakan. Rapikan pakaian yang berserakan. Hiasi dinding kamarmu. Cari waktu yang pas saat kamu menulis.

4. Jauhkan Benda yang Dapat Mengganggu Saat Menulis. Misalnya: Handphone, Televisi, Radio, dan lain-lain.

5. Tentukan Batas Akhir Penulisan. Buat tenggat waktu menyelesaikan proyek menulismu. Jika tulisan selesai dengan waktu yang tepat, beri penghargaan atas keberhasilanmu. Sebaliknya, jika tulisan belum selesai pada batas waktu, maka beri hukuman menulis pada dirimu.

6. Beri Reward Pada Diri Setiap Selesai Menulis. Beri hadiah kecil pada diri sendiri saat tiap selesai menulis. Jika menyelesaikan satu proyek dengan deadline yang tepat, beri hadiah lebih besar lagi. Misal liburan tiga minggu untuk menyegarkan daya pikir dan tubuh.

7. Ubah Kebiasaan Menulis. Sesekali ubah kebiasaan cara menulis sehingga penulis tidak bosan. Menulis bisa diberbagai tempat dan berbagai cara. Menulis di beranda rumah, menulis di bawah pohon, atau menulis di cafe.

Baca Juga :

Terima kasih telah berkunjung di laman www.asmirizani.com. Saya menantikan pendapat Anda di kolom komentar. Bagikan tulisan ini pada teman-teman Anda, semoga bermanfaat.
Salam.
Share on Google Plus

About Asmirizani

Lelaki biasa yang sedang belajar mengeja hidup. Membaca, menulis, dan belajar tiada henti ditemani secangkir kopi jahe,